Solusi CNAME Tidak Muncul Saat Dipasang

Solusi CNAME Tidak Muncul Saat Di Pasang

Beberapa minggu lalu, saya meregistrasikan sebuah domain melalui Web Hosting lokal IDwebhost yang langsung saya hubungkan dengan Blogspot. Seperti biasa, kedua CNAME muncul pada saat saya mengganti opsi "Setup a 3rd party URL for your blog" pada tab Publishing yang ada di Setting, lalu saya hubungkan dengan Cloudflare.

Setelah beberapa saat, saya mencoba menghubungkannya dengan Wordpress, tidak ada kendala karena yang diganti hanya Nameserver-nya saja. Dan saat saya hubungkan kembali dengan Blogger, saya heran kenapa sudah beberapa hari CNAME record-nya dihapus, tetapi domain tersebut tetap tidak bisa dipakai.

Tidak bisa terpakainya domain karena saya tidak tau Google sudah tidak membutuhkan verifikasi domain yang sama untuk kedua kalinya. Misalnya seperti waktu sobat memasukkan domain saat pertama kali, akan ada error yang menunjukkan CNAME record "www" yang mengarah ke "ghs.google.com" dan CNAME yang berbeda-beda pada tiap domain.

Dan jika sobat pernah berpindah dari Blogger, lalu kembali ke Blogger, sobat sudah tidak memerlukan verifikasi record CNAME tersebut. Lantas yang perlu sobat lakukan hanyalah sebagai berikut:

1. Memasukkan CNAME record "www" yang mengarah ke "ghs.google.com"

2. Dan juga A record berupa URL Domain sobat menuju 4 IP ini:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Ini adalah screenshot percakapan saya dengan customer service IDwebhost saat saya menanyakan masalah asal terpasang-nya domain saya saat dipasang di Blogger.


Cara ini saya lakukan langsung dengan domain saya sendiri, dan terbukti berhasil. Sobat bisa mem-bookmark postingan ini untuk dicoba saat blog sobat ingin migrasi kembali ke Blogger, agar tidak bingung mencari kesana-kesini tentang CNAME yang hilang dan lupa tercatat.

Sekian tips dari saya agar Domain sobat tetap terpasang walaupun tanpa CNAME record yang muncul pada Blogger.

3 Responses to "Solusi CNAME Tidak Muncul Saat Dipasang"

  1. saya pernah gitu gan pas setting domain baru cnamenya ngak muncul2. sangat bermanfaat gan postingannya. Like it

    ReplyDelete