5 Daftar Situs Penyedia SSL Gratis

5 Daftar Situs Penyedia SSL Gratis

Jika sobat adalah seorang pembisnis yang bergelut di dunia maya, khususnya pengelola blog/website toko online. Maka sobat harus memperhatikan juga keamanan yang terdapat pada website tersebut, hal ini tentu akan memudahkan sobat dalam meyakinkan visitor bahwa situs yang sobat kelola dapat dipercaya.

Salah satu keamanan yang perlu sobat perhatikan pada blog/website toko online adalah SSL.
Apa itu SSL?

"SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol yang menyediakan komunikasi aman di internet untuk hal-hal seperti penjelajahan web, email, perpesanan instan, dan transfer data lainnya." -Google.

Kabarnya Google kini sudah mampu membedakan antara situs yang aman untuk dikunjungi maupun tidak, ini akan berdampak pada hasil penelusuran di mesin pencarian Google sendiri. Artinya Google akan mengutamakan website yang aman di hasil pencariannya, sehingga visitor akan mengunjungi website yang benar-benar aman bukan sebaliknya.

Mungkin ini adalah kendala bagi sobat yang hanya sekedar iseng berjualan online di internet karena harus mengeluarkan beberapa biaya untuk membeli SSL. Walaupun begitu masih ada beberapa penyedia SSL gratis yang dapat sobat pakai untuk memperkuat keamanan blog/website sobat, seperti:

1. Cloudflare

Cloudflare 

Cloudflare adalah yang paling saya rekomendasi, situs ini menyediakan SSL gratis dan akses DNS untuk blog/website sobat tanpa batasan waktu.

2. CACert

CACert 

CACert adalah penyedia SSL gratis selanjutnya, situs ini menyiapkan SSL gratis selama 1 tahun yang dapat sobat perpanjang sebelum masa aktifnya habis.

3. StartSSL

StartSSL 

StartSSL menyediakan Sertifikat SSL yang dapat sobat pakai selama 30 hari secara gratis, sobat dapat memperpanjang sebelum masa aktif habis.

4. InstantSSL Comodo

InstantSSL Comodo 

InstantSSL Comodo dapat memberikan sobat fitur trial SSL gratis selama 90 hari. Setelah masa trial, sobat hanya dapat memperpanjang dengan membelinya.

5. GoGetSSL

GoGetSSL 

GoGetSSL juga menyediakan masa trial untuk website sobat selama 90 hari sebelum sobat melakukan pembelian SSL sesungguhnya.

Dari beberapa situs penyedia SSL gratis diatas, dapat sobat jadikan sebagai referensi untuk memberi keamanan lebih pada blog/website sobat dan memberi kepercayaan lebih pada visitor dan calon pembeli pada situs belanja online yang sobat kelola.

1 Response to "5 Daftar Situs Penyedia SSL Gratis"